Saturday, April 23, 2011

"Standing Ovation" di Opera I La Galigo

Jadi apa yang
benar-benar semua tentang? Laporan berikut termasuk beberapa informasi menarik tentang
- info bisa anda gunakan, bukan hanya barang lama yang mereka gunakan untuk memberitahu Anda.
MAKASSAR, KOMPAS.com - Tepuk tangan panjang pertandakesuksesan Robert Wilson dan kawan-kawan menutup pertunjukan spektakuleropera I La Galigo di halaman Benteng Fort Rotterdam Makassar, SulawesiSelatan, Sabtu (23/4/2011) malam.

Barisan tamu-tamu pentingtiba-tiba berdiri dan memberikan apresiasi yang luar biasa itu ketikapengganti almarhum Macoppong, penari pakkarena Maccida menutup 12adegan pementasan I La Galigo di halaman benteng "panyua".

Teriakanpenonton saat sutradara Robert Wilson berdiri dari sela-sela barisanpenonton VVIP menuju panggung utama diikuti gemuruh tepuk tanganpenghargaan dari penonton dengan melambaikan tangan ke arah pria Amerikaitu.

Demikian juga saat tokoh utama opera La Galigo yangmemerankan Sawerigading, batara guru dan pembaca naskah kuno lontara LaGaligo, juga mendapat standing ovation dari ribuan penonton di tempat yang disulap menjadi panggung opera outdoor terbesar di kota ini.

Meskipunpanitia sempat panik ketika memasuki adegan ke-11 menjelang akhircerita, tetesan air hujan perlahan-lahan jatuh di area penonton, yangsempat membuat sejumlah ajudan dan panitia menyiapkan payung di depantamu-tamu penting yang hadir malam itu.

Anda dapat melihat bahwa ada nilai praktis dalam mempelajari lebih banyak tentang
. Dapatkah Anda memikirkan cara-cara untuk menerapkan apa yang telah dibahas sejauh ini?

Kesuksesan pementasan "ILa Galigo Berlabuh di Makassar" ternyata masih menjadi hari baiksutradara Robert Wilson dan kawan-kawan menjelang detik-detik penutupancerita dengan naskah terpanjang di dunia itu.

Tampak seluruhpemain, seniman maupun pengarah gaya pertunjukkan akbar itu memberikanucapan terima kasih kepada penonton di Makassar yang cukup memberikanapresiasi yang luar biasa terhadap penampilan tokoh-tokoh dalam ceritaitu.

Usai pertunjukkan, ditutup makan malam bersama GubernurSulsel Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddinbeserta tokoh besar Sulsel, Jusuf Kalla dan beberapa tamu penting.

JusufKalla bersama istri sebelum meninggalkan acara menyempatkan waktumenyapa dan memberikan ucapan selamat atas kesuksesan produser I LaGaligo, Restu Imansari Kusumaningrum yang telah membawa pulangkarya-karya mereka ke daerah asalnya. 

 

 

Sebagai pengetahuan Anda tentang
terus tumbuh, Anda akan mulai melihat bagaimana
cocok ke dalam skema keseluruhan hal. Mengetahui bagaimana sesuatu berhubungan ke seluruh dunia juga penting.

No comments:

Post a Comment